Ahad 22 Feb 2015 00:01 WIB

Kodam Sriwijaya Siap Cegah ISIS Masuk Sumatera

Kodam Sriwijaya
Foto: [ist]
Kodam Sriwijaya

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI Iskandar M Sahil mengatakan pihaknya siap mencegah masuk dan berkembang kelompok radikal ISIS di wilayah Sumatera bagian selatan (Sumbagsel).

"Prajurit TNI jajaran Kodam II/Sriwijaya di Sumbagsel meliputi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung dan Bangka Belitung diperintahkan melakukan pengawasan ketat di wilayahnya masing-masing dari pengaruh ISIS yang dapat mengancam kedaulatan negara," kata Mayjen Iskandar di Palembang, Sabtu (21/2).

Menurut Iskandar, wilayah Sumbagsel yang mayoritas penduduknya beragama Islam berpotensi besar masuk pengaruh ISIS. Dia mengatakan perlu dilakukan pengawasan secara ketat sehingga diharapkan dapat dideteksi secara dini setiap upaya seseorang atau kelompok tertentu untuk engembangkan gerakan tersebut.

Jika pada suatu tempat dicurigai sebagai basis pengembangan ISIS akan dilakukan pengawasan secara ketat, dan tindakan tegas berupa pembubaran serta pengamanan orang-orang yang terlibat dan benar-benar terbukti mengembangkan gerakan tersebut.

Iskandar menjelaskan, meskipun prajurit TNI Kodam II/Sriwijaya diperintahkan melakukan pengamanan dan pengawasan wilayah Sumbagsel dari kegiatan ISIS, namun diingatkan tidak membuat resah masyarakat. Masyarakat umum dan mahasiswa yang akan melakukan kegiatan apa pun secara berkelompok tidak perlu merasa dihalangi dan takut.

"Upaya mengoptimalkan pencegahan masuk dan berkembang ISIS di daerah ini dan Indonesia secara umum, diharapkan dukungan dari semua lapisan masyarakat," ujarnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement