Kamis 12 Feb 2015 14:28 WIB

Wah, Banten Bakal Gelar Latihan Marching Band Internasional

Rep: c81/ Red: Dwi Murdaningsih
 Grup marching band Cakra Garuda Yaksa Hambalang meramaikan apel akbar damai simpatisan pasangan peserta Pilpres 2014-2019 Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta, Kamis (17/7). (Republika/Aditya Pradana Putra)
Grup marching band Cakra Garuda Yaksa Hambalang meramaikan apel akbar damai simpatisan pasangan peserta Pilpres 2014-2019 Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta, Kamis (17/7). (Republika/Aditya Pradana Putra)

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG –- Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) berencana akan menggelar coaching clinic marching band pertama di Indonesia yang berkelas Internasional pada 28 Maret 2015. Banten memiliki Marching Band Gita Surosowan (MBGS) yang sudah berprestasi tingkat internasional, 

Selain berbagi ilmu, pelatihan ini juga diadakan guna lebih memperkenalkan Provinsi Banten ke luar negeri. "Iya kita rencananya akan mengadakan coaching clinic atau latihan singkat akhir maret ini. Kita sudah siapkan tempatnya yaitu di pendopo (kantor gubernur lama Provinsi Banten),” kata Kepala Dispora Banten, Opar Sophari, Kamis (12/2).

Opar menjelaskan, saat ini sudah ada sekitar 428 orang peserta yang mendaftar untuk acara ini, yang rata-rata pendaftarnya merupakan instruktur marching band di wilayahnya masing-masing, baik dari dalam mapun luar negeri. Sedangkan kapasitas pendopo gubernur lama hanya mamapu menampung 300 orang.

“Pendopo kalau di dalam kapasitasnya hanya 300 orang, sedangkan saat ini saja pendaftarnya 400an orang. Niatnya,  nanti kita bangun tenda diluar (pendopo)," kata Opar saat memantau MBGS yang sedang latihan.

Dari data pendaftar, Coaching clinic ini akan diikuti oleh 22 provinsi se-Indonesia dan dua negara asing, yaitu Malaysia dan Hongkong. Sedangkan pematerinya sendiri akan didatangkan langsung dari negeri Paman Sam, Amerika Serikat.

“Akan ada enam pelatih yang semuanya dari Amerika, mereka berasal dari marching band yang sudah menjadi juara dunia, sudah diakui kemampuannya ditingkat dunia,” ungkapnya.

Para instruktur dari Amerika ini, selain mengisi acara yang rencananya akan berlangsung selama tiga hari ini, mereka sebelumnya juga akan memberikan pelatihan kepada anggota Marching Band Gita Surosowan (MBGS) Banten yang akan mengikuti Drum Corps Internasional (DCI) yaitu kompetisi marching band internasional di Amerika Serikat pada Juli 2015.

Marching Band Gita Surosowan berhak mengikuti DCI setelah sebelumnya memenangkan kompetisi di Thailand World Music Contest (TWMC). Pada acara tersebut hanya dua yang berhak lolos dan mengikuti DCI yaitu Gita Surosowan Banten dan North Eastern Technologi College (NETC) dari Thailand. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement