Sabtu 07 Feb 2015 03:13 WIB

Tanggul Jebol, Satu RW di Arcamanik Bandung Terendam Banjir

Rep: c63/ Red: Esthi Maharani
 Warga melintasi banjir di Andir, Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Ahad(28/12). (foto : Septianjar Muharam)
Warga melintasi banjir di Andir, Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Ahad(28/12). (foto : Septianjar Muharam)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Hujan deras yang mengguyur Kota Bandung pada Jumat (6/2) siang sejak pukul 14.00 WIB membuat tanggul sungai Cironggeng di Kecamatan Arcamanik jebol. Akibatnya, ratusan rumah di RW 06, Kelurahan Cisaranten Kulon, Arcamanik, Kota Bandung terendam banjir.

"Di RW 6, kita inventarisasi sekitar 115 rumah terendam," ujar Camat Arcamanik Mia Rumiasari saat dihubungi di Bandung, Jumat (6/2) malam.

Ia mengatakan tanggul jebol sejak pukul 15.00 WIB dan langsung merendam wilayah di sekitarnya dengan ketinggian satu meter lebih. Namun, hingga pukul 22.30 banjir sudah mulai surut di ketinggian 50 meter.

Sementara warga yang rumahnya terendam banjir juga saat ini sudah dievakuasi di lokasi yang aman.

"Sudah dievakuasi, ada yang menginap rumah saudaranya, di rusunawa dan gedung serbaguna," ujar Mia.

Lebih lanjut Mia mengatakan di lokasi yang terendam banjir, disiagakan tim tanggap darurat. Tim terdiri dari Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (Diskar), Dinas Sosial, Dinas Bina Marga dan Pengairan, Basarnas, aparat Kepolisian, dan kewilayahan setempat.

"Ada dua perahu karet disiagakan, logistik sudah ada tapi yang lain juga masih dalam perjalanan, kita minta dari dinas terkait juga," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement