Selasa 03 Feb 2015 18:48 WIB

Tim 9: Kapolri Jamin BW tidak Ditahan

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Esthi Maharani
 Jimly Asshiddiqie
Foto: Antara/Hafidz Mubarak
Jimly Asshiddiqie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim 9 yang dibentuk Presiden Joko Widodo telah bertemu Plt Kapolri Komjen Badrodin Haiti. Anggota Tim 9, Jimly Asshiddiqie, mengatakan, dalam pertemuan tersebut Badrodin memastikan Polri tak akan menahan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW).

"Yang perlu saya sampaikan supaya masyarakat juga tenang, Pak Kapolri udah memberi arahan jangan ada penahanan (terhadap Bambang)," katanya saat mendatangi gedung KPK, Selasa (3/2).

Jimly mendatangi gedung KPK bersama dua anggota Tim 9 yang lain yakni Bambang Widodo Umar dan Hikmahanto Juwana. Mereka datang untuk memberi masukan terhadap pimpinan KPK terkait konflik yang terjadi antara Polri dan lembaga antikorupsi itu. "Kita tim 9 masih umum saja, dalam rangka memberi masukan," ujarnya.

Dia mengatakan, tim akan mendengar apa yang ingin disampaikan pimpinan KPK terkait konflik yang terjadi antara lembaga penegak hukum itu. Namun, mantan Ketua MK itu mengaku belum tahu apa yang akan disampaikan oleh pimpinan KPK.

Sebelum menemui pimpinan KPK, Jimly mengaku tim 9 telah bertemu dengan Badrodin. Dalam pertemuan tersebut, Badrodin menjamin tidak akan ada penahanan terhadap Bambang Widjojanto yang saat ini sedang diperiksa Bareskrim Mabes Polri.

Tim 9 dibentuk oleh Presiden Jokowi untuk menyelesaikan persoalan antara KPK dan Polri. Tim independen tersebut diketuai oleh mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Syafii Maarif. Delapan anggotanya yakni Komjen (Purn) Oegroseno, Hikmahanto Juwana, Tumpak Hatorangan Panggabean, Erry Riyana Hardjapamekas, Bambang Widodo Umar, Imam Prasodjo, dan Jenderal (Purn) Sutanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement