Selasa 03 Feb 2015 12:53 WIB

Teknologi Tiket Elektronik Commuter Line akan Setara dengan Hong Kong MRT

Rep: c 85/ Red: Indah Wulandari
Kartu Commuter line
Foto: blogspot.com
Kartu Commuter line

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA --PT KAI Commuter Jakarta (KCJ) mengembangkan sistem artileri elektronik yang telah diterapkan sejak  Juli 2013 untuk transaksi perjalanan KRL.

Perangkat tiket elektronik KRL Jabodetabek kini dapat menerima semua jenis tipe chip elektronik yang digunakan di berbagai belahan dunia untuk beragam moda transportasi.

Dalam pengembangan baru ini, PT KCJ bekerjasama dengan perusahaan Jepang, Sony Felica. Perusahaan ini adalah produsen kartu untuk tiket elektronik transportasi, kartu identitas, dan uang elektronik di Jepang dan sejumlah negara lainnya.

Direktur Utama PT KCJ Tri Handoyo mengungkapkan, melalui kerjasama ini perangkat elektronik KCJ akan dapat membaca jenis chip tipe C yang dibuat oleh Sony Felica.

Perkembangan ini melengkapi kemampuan perangkat tiket elektronik PT KCJ yang sebelumnya telah mampu membaca jenis kartu dengan chip tipe A dan B.

"Sistem ini serupa dengan Hong Kong MRT dalam hal kemampuan mengakomodasi berbagai platform dalam satu sistem. Selain itu, sistem kami juga dapat menerapkan mobile NFC e-wallet sebagai tiket dan alat pembayaran," jelas Tri Handoyo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement