Senin 02 Feb 2015 13:38 WIB

Diplomasi Indonesia Fokus di Sektor Ekonomi

Rep: Aldian Wahyu Ramadhan/ Red: Djibril Muhammad
Jokowi
Foto: VOA
Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo mengatakan, para diplomat, duta besar, dan kepala perwakilan disampaikan agar diplomasi difokuskan di sektor ekonomi. Utamanya, promosi produk-produk dan komoditas nasional.

Alasannya, neraca perdagangan Indonesia yang defisit bisa berbalik surplus apabila dubes-dubesnya berhasil mempromosikan produk-produk dalam negeri.

"Bisa menjual produk-produk kita, terutama usaha-usaha kecil yang sebetulnya berkesempatan untuk masuk ke pasar-pasar internasional," kata dia, Selasa (2/2) siang.

Jokowi menerangkan, produk Indonesia prospektif di pasar internasional karena harganya miring dan kompetitif. Di samping itu, produk Indonesia memiliki beragam kualitas yang disesuaikan dengan pangsa pasar.

Selain itu, kata Jokowi, pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai target apabila investasi langsung negara asing masuk ke Indonesia. Utamanya, hal-hal yang berkaitan dengan industri. Hal tersebut diarahkan agar terkoordinasi dengan baik dari atas sampai bawah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement