Rabu 28 Jan 2015 19:46 WIB

Jimly Yakin Jokowi Ikuti Saran Tim Independen

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Indira Rezkisari
Jimly Ashiddiqie
Foto: Republika/Yasin Habibi
Jimly Ashiddiqie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Wakil Ketua Tim Independen Jilmy Ashshiddiqie mengaku yakin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengikuti saran untuk tidak melantik Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri.

"Kalau dari antusias dia menerima masukan, saya rasa iya (akan mengikuti saran). Kan ada juga hal lain yang dia setuju sekali, tapi tidak usah kita umumkan," ujar Jimly, Rabu (28/1).

Anggota Tim Independen yang lain, Bambang Widodo Umar mengatakan, tim sepakat untuk menyerahkan keputusan akhir pada presiden. Jokowi, kata dia, memiliki tim sendiri yang akan membantu presiden mengeksekusi saran dari tim.

"Beliau punya perangkat, ada menteri, jaksa agung, nanti itulah yang akan mengimplementasikan masukan kita," kata dia.

 

Sementara itu, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto mengatakan, tak ada keharusan bagi presiden untuk mengikuti apa yang diminta oleh Tim Independen. "Ya namanya juga saran kan," ucap dia.

Seperti diketahui, Tim Independen meminta Presiden Jokowi membatalkan pelantikan Budi Gunawan. Sebab, melantik seorang yang berstatus tersangka dianggap akan menodai kewibawaan lembaga penegak hukum.

"Presiden seyogyanya tidak melantik calon Kapolri dengan status tersangka dan mempertimbangkan kembali untuk mengusulkan calon baru untuk Kapolri agar institusi Polri segera dapat memiliki Kapolri yang definitif," ujar Ketua Tim Independen Syafi'i Ma'arif dalam konferensi pers di Gedung Setneg.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement