Rabu 28 Jan 2015 12:19 WIB

Tarik Minat Masyarakat, 21 Lokomotif Kuno Dicat Ulang

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Indah Wulandari
Train museum in Ambarawa, Central Java.
Foto: Antara/R Rekotomo
Train museum in Ambarawa, Central Java.

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG—Sebanyak 21 unit lokomotif (loko) uap kuno koleksi Museum Kereta Api Ambarawa, Kabupaten Semarang mulai dicat ulang dan diperbaiki.

"Selain bangunan dan fasilitas fisik stasiun, koleksi benda pajang berupa loko uap kuno juga menjadi sasaran perbaikan," kata Manjer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto, Rabu (28/1).

Pekerjaan ini menjadi bagian dari program revitalisasi Stasiun Ambarawa, yang dilakukan oleh Ditjen Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan yang ditargetkan selesai akhir bulan Maret 2015.

Dengan program revitalisasi, ia berharap masyarakat lebih tertarik untuk berkunjung ke museum kereta api yang nenyatu dengan stasiun Ambarawa tersebut.

"Selain itu masyarakat juga  bisa lebih menikmati keindahan  kondisi lokomotif uap yang menjadi bagian penting  telah sejarah transportasi di Indonesia ini," tambahnya.

Total stasiun Ambarawa mempunyai 21 koleksi lokomotif uap yang menjadi benda pamer. Tiga unit  lokomotif uap diantaranya  masih aktif. Yakni lokomotif seri B 5112, B 2502 dan seri B 2503. Selain itu juga dua unit  lokomotif diesel D 30023 dan D 30124.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement