Jumat 16 Jan 2015 11:51 WIB

Rakyat Bogor Minta Layanan Pengaduan Online Disosialisasikan

Rep: c09/ Red: Karta Raharja Ucu
transaksi online
transaksi online

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Warga Kota Bogor meminta layananan pengaduan masyarakat online disosialisasikan secara menyeluruh ke enam kecamatan di Kota Hujan. Sebab, masih banyak masyarakat yang berada di daerah perbatasan yang belum mengetahui layanan pengaduan online yang dimiliki Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

Suryati Ningsih (27), warga Pamoyanan, Bogor Selatan, contohnya. Ia mengaku tidak mengerti cara kerja layanan pengaduan online yang diberlakukan Pemkot Bogor. Meski dirasa memudahkan, bagi Suryati, sistem online masih sulit karena tidak seluruh warga mengerti.

“Masalah warga banyak, tapi kadang bingung mau lapor kemana, paling ke RT,” jelasnya, Jumat (16/1)

Namun ia menyambut baik upaya pemkot untuk mendengar seluruh keluhan warga. Hanya saja, ia khawatir warga yang mengadu hanya yang berada di pusat kota. Sehingga masalah perbatasan kota masih tidak terjamah.

“Harusnya rakyat-rakyat kecil juga tau bagaimana caranya, harus menghubunginya seperti apa,” kata dia.

Keluhan serupa disampaikan Edo (25), warga Balandongan. Ia berharap pemkot dapat segera menyosialisasikan program layanan tersebut agar benar-benar berfungsi dengan baik. “Bagaimana mekanisme penerimaannya, karena pasti yang mengadu banyak sekali,” ungkapnya, Jumat (16/1)

Selain itu, Edo juga meminta agar layanan masyarakat seperti itu tidak memerlukan biaya pulsa atau gratis. Dengan demikian warga tanpa ragu bisa langsung mengadu atau menyalurkan aspirasinya untuk Kota Bogor.

Sebelumnya, Pemkot Bogor secara resmi meluncurkan SMS pengaduan dan call center yang disediakan Kantor Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Bogor di Plaza Balai Kota Bogor, Kamis (15/1). Kominfo Kota Bogor menyediakan layanan pengaduan SMS ke nomor 08118500411 dengan format (Nama#Alamat#Pesan). Sedangkan untuk call center, warga Kota Bogor dapat menghubungi 1500411. Untuk akun twitter, Kominfo meluncurkan akun @aspirasi_kotabogor dan website [email protected].

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement