Selasa 13 Jan 2015 17:05 WIB
Budi Gunawan tersangka

Nasdem: Momen Penetapan Tersangka Budi Gunawan Sangat Berlebihan

Rep: c89/ Red: Bilal Ramadhan
Komjen Pol. Budi Gunawan
Foto: Republika/ Wihdan
Komjen Pol. Budi Gunawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Anggota Komisi III dari fraksi Nasdem, Patrice Rio Capela, mengatakan pihaknya akan meminta keterangan dari calon Kapolri, Komjen Pol Budi Gunawan mengenai status hukum yang bersangkutan. Meski menurutnya Dia belum tahu, materi penetapan status tersangka terhadap Budi untuk kasus yang mana.

"Saya tidak bisa katakan itu motif politis atau tidak karena seharusnya KPK gak main politis. Tapi yang saya tegaskan momentum tetapkan tersangka itu berlebihan karena DPR sedang mau lakukan fit and proper test," jelas Patrice, di Kompleks Parlemen, Selasa (13/1).

Dia menuturkan saat ini, Komisi III tetap melaksanakan proses mengawal Budi menjadi Kapolri. Diantaranya melakukan kunjungan keluarga serta melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan keesokan harinya.

Dalam perkembangan nanti, putusan mengenai penolakan terhadap Budi bisa saja diambil DPR. Tergantung semua dinamika yang berkembang. "Semua kemungkinan bisa terjadi. Besok kita akan ambil putusan ini," ujarnya.

Dia mengungkapkan penetapan status hukum Budi menjadi tersangka terasa mengagetkan. Karena momentumnya menjelang pelaksaan fit and proper test. Terkait hal ini, Dia tidak mengatakan penetapan ini bersifat politis.

Karena menurutnya KPK adalah lembaga independen yang bebas dari segala kepentingan. Meski demikian, terasa berlebihan jika dilihat dari momentum menjelang uji kelayakan Budi menjadi Kapolri. Jika melihat rekam jejak dan prestasi Budi, Patrice melihat tidak ada yang salah. Namun semuanya akan jelas terlihat saat uji kelayakan besok, Rabu (14/1) pukul 09.00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement