Senin 12 Jan 2015 14:08 WIB

Ini Hasil Investigasi Internal Mendagri Terkait Rekam Jejak Budi Gunawan

Komjen Pol.Budi Gunawan
Foto: Republika/Wihdan
Komjen Pol.Budi Gunawan

REPUBLIKA.CO.ID, JATINANGOR-- Menteri Dalam Negeri sekaligus Wakil Ketua Kompolnas Tjahjo Kumolo, mengatakan hasil investigasi internal menyatakan Komjen Polisi Budi Gunawan memiliki rekam jejak baik sebagai calon Kapolri tunggal.

"Hasil investigasi di dalam, dari Polri sendiri, (Budi Gunawan) 'clean and clear', dia 'track record'-nya bagus, bisa dicek. soal ada tuduhan, ya mari dibuktikan," kata Tjahjo usai memberikan Ceramah Umum Mendagri kepada Civitas Akademika Praja IPDN di Kampus Jatinangor, Senin.

Tjahjo mengatakan penunjukan Kapolri merupakan hak prerogatif Presiden, seperti halnya pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), KSAU dan KSAL. Sehingga, lanjut dia, tidak menjadi masalah jika Presiden Joko Widodo tidak melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

"Saya kira tidak akan merusak citra pemerintahan Jokowi, bisa dibuktikan sendiri," tambahnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan pengajuan Komisaris Jenderal (Pol) Budi Gunawan sebagai calon kepala Kepolisian RI sudah sesuai dengan prosedur yang ada. "Sudah dari Kompolnas, (itu) hak prerogatif saya, saya pakai pilihan saya, (kemudian) saya sampaikan ke dewan," kata Presiden disela-sela peninjauan galangan Kapal PT PAL di Surabaya.

Namun, penunjukan tersebut menimbulkan tanda tanya besar bagi Indonesia Corruption Watch (ICW) yang mempertanyakan alasan Presiden Joko Widodo tidak melibatkan KPK dan PPATK dalam proses penyaringan calon Kapolri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement