Ahad 11 Jan 2015 21:50 WIB

Ratusan Toko di Sepanjang Jalan Lenteng Agung Segera Dibongkar

Rep: C02/ Red: Bayu Hermawan
Warga mengemasi barang-barangnya saat pembongkaran rumah di pinggiran Kali Ciliwung, Jakarta Pusat, Rabu (7/5).
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Warga mengemasi barang-barangnya saat pembongkaran rumah di pinggiran Kali Ciliwung, Jakarta Pusat, Rabu (7/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAGAKARSA – Pemerintah Kota Jakarta Selatan segera bongkar 187 toko di Jalan Lenteng Agung Jagakarsa. Toko-toko tersebut sudah menempati lahan pemerintah daerah selama puluhan tahun.

 

Selama itu mereka berjejer di sepanjang kampus ISIP hingga Universitas Pancasila. Rencananya jalan yang ditempati toko-toko tersebut akan dilebarkan dan dibuatkan saluran air. Camat Jagakarsa Fidiyah Rokhim mengatakan sudah melakukan sosialisasi kepada pemilik toko sejak Jumat (9/1).

 

Dari pendataannya, seluruh toko yang berdiri di sepannjang jalan kampus ISIP hingga Universitas Pancasila tidak mempunyai izin serta surat kepemilikan bangunan. Ia meminta warga agar pemilik toko segera memindahkan barang-barang sebelum hari penggusuran.

Fidyah Rokhim menjelaskan setelah toko-toko tersebut ditertibkan, pemerintah kota Jakarta Selatan akan melebarkan jalan dan membuat saluran air. Menurut pantauan camat Jagakarsa ini, toko-toko dipinggir jalan dan curah air hujan membuat jalan tersebut rawan kecelakaan.

"Jadi pelebaran dan saluran air untuk kenyamanan warga juga," ujarnya, Ahad (11/1)

Ia menambahkan sosialiasi yang dilakukan terhadap toko-toko tersebut sudah sesuai dengan standar operasional yang berlaku sebelum memberikan Surat Perintah (SP) I,II, dan III sampai surat perintah bongkar.  Surat perintah I akan dilayangkan ke warga 15 Januari dan low inforce ment ekskusi direncanakan akhir bulan Februari 2015.

"Setelah sosialisasi, kami siap bantu warga untuk pindahkan barang," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement