Ahad 28 Dec 2014 22:45 WIB

Ini Perintah Menteri Malaysia Terkait Pencarian Air Asia

Rep: c84/ Red: Bilal Ramadhan
Air Asia
Foto: AP/Lai Seng Sin
Air Asia

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR-- Angkatan Bersenjata Malaysia siap untuk memberikan bantuan kepada Indonesia dalam pencarian pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang dalam perjalanan Surabaya-Singapura, Ahad (28/12).

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Pertahanan Malaysia, Datuk Seri Hishammuddin Hussein. Hishammudin mengatakan Kementerian Pertahanan Malaysia dan Angkatan Bersenjata Malaysia bersedia memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh Indonesia.

"Saya telah menginstruksikan Kepala Angkatan Laut Kerajaan Malaysia (RMN), Laksamana Tan Sri Abdul Aziz Jaafar, dan Kepala Angkatan Udara Malaysia (RMAF), Jenderal Datuk Seri Roslan Saad untuk menjalin komunikasi dengan Indonesia dalam setiap perkembangan lebih lanjut, " katanya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir New Straits Times.

"Saya juga sudah berbicara dengan Menteri Pertahanan Indonesia, Ryamizard Ryacudu, di mana saya mencatat bahwa dalam semangat solidaritas ASEAN, kami siap untuk melayani jika diperlukan oleh Pemerintah Indonesia," lanjutnya.

Selain itu, ia menyatakan tiga kapal Angkatan Laut Malaysia yaitu KD Pahang, KD Lekir dan KD Lekiu, dengan Helikopter Fennec atas kapal, juga akan bergabung dengan upaya pencarian.Hishammuddin juga mengatakan bahwa ia juga telah berbicara dengan Menteri Pertahanan Singapura, Dr Ng Eng Hen dan menegaskan kembali komitmen Malaysia dalam upaya pencarian dan penyelamatan.

"Pikiran dan doa kami tetap bersama para penumpang, awak dan keluarga penumpang pesawat QZ8501," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement