Senin 22 Dec 2014 17:03 WIB

‘Perempuan Dapat Hidup Mandiri’

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Kaum perempuan di Indonesia, apabila diberikan kesempatan untuk berkembang, maka bisa meningkatkan kualitas hidupnya secara mandiri. Apalagi, mereka pun memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan kaum pria.

“Perempuan dalam berbagai dimensi kehidupan, mampu menjadi motor penggerak perubahan dalam pembangunan,” kata Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah, usai memperingati Hari Ibu, Hari Kesatuan Gerak PKK, HUT Dharma Wanita Persatuan, Hari Internasional Penyandang Cacat dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional, 2014, Senin (22/12) di Alun-alun Indramayu.

Anna mengatakan, dengan adanya peringatan Hari Ibu yang ditetapkan setiap 22 Desember, maka adanya perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sector kehidupan. Peringatan Hari Ibu ini juga membawa pengaruh positif bagi perempuan dan masyarakat yang terdorong untuk selalu menghargai hak-haknya sebagai perempuan.

Dikatakan Anna, perempuan Indonesia masa kini,  adalah perempuan yang sadar dan memahami memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan laki-laki. Menurut dia, UUD 1945 menjamin bahwa setiap WNI termasuk perempuan memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk berpartisipasi dalam setiap aspek kehidupan.

“Momen ini dapat mendorong terciptanya kesetaraan perempuan dan laki-laki pada setiap aspek kehidupan, baik di dalam keluarga, masyarakat, maupun bangsa dan negara untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan berkedadilan,” katanya.

Pada peringatan tersebut diserahkan SK pensiun bagi 14 PNS yang masuk usia pensiun pada periode Januari 2015. Kemudian diserahkan pula penghargaan kegiatan TP PKK Kabupaten Indramayu untuk kategori Bunda PAUD prestasi 2014 diraih oleh Bunda PAUD Kecamatan Karangampel (terbaik I), Bunda PAUD Kecamatan Lelea (terbaik II), dan Bunda PAUD Kecamatan Widasari (terbaik III).

Sementara sebagai pelaksana terbaik kesatuan gerak PKK, KB, Kes tingkat Kabupaten Indramayu diraih oleh TP PKK Kecamatan Kandanghaur. Sedangkan PKK yang memiliki laporan tahunan terbaik diraih oleh Kecamatan Sindang (terbaik I), Juntinyuat (terbaik II), dan Indramayu (terbaik III).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement