Kamis 18 Dec 2014 11:14 WIB

BUMN Dipimpin Asing, Dede Yusuf: Beri Kesampatan pada Putra Putri Bangsa

Rep: C16/ Red: Winda Destiana Putri
Dede Yusuf.
Foto: Antara
Dede Yusuf.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengeluarkan wacana untuk mengangkat Direktur Utama (Dirut) BUMN dari warga negara asing (WNA).

Wacana tersebut mendapat kecaman dari sejumlah kalangan.

Ketua Komisi IX DPR Dede Yusuf menolak wacana yang dilontarkan Menteri Rini tersebut. Ia mengatakan, dalam konstitusi segala hal yang menyangkut hajat hidup orang banyak dan menjadi asset strategis bangsa sebaiknya diurus oleh putra putri terbaik bangsa.

"Beri kesampatan pada putra putri bangsa. Kita harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri," paparnya saat dihubungi Republika Online, Kamis (18/12).

Rakyat Indonesia, harus merasa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Menurutnya, manajemen asing belum tentu lebih baik atau lebih bagus ketika dibawa ke Budaya yang ada di Indonesia.

Anggota Dewan Pembina Demokrat ini berkeyakinan masih banyak putra putri terbaik bangsa yang bisa memimpin BUMN. Terbukti, dengan banyaknya anak bangsa yang menjadi juara dan direkrut perusahaan internasional. 

Dede mengusulkan DPR kedepan bisa merevisi UU 19/2003 soal BUMN. Agar, dengan tegas mengatur jabatan direksi BUMN yang hanya boleh diduduki bagi mereka yang berkewarganegaraan Indonesia.

"Orang asingpun boleh jika yang bersangkutan menjadi WNI," tegas Dede.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement