Selasa 16 Dec 2014 10:45 WIB

Efisiensi Anggaran Dinas, Kemenag Ingin Semua Kakanwil Punya Fasilitas V-con

The Youth Muslims from Indonesia (right) and US (on the screen) hold a long distance video conference dialogue on Tuesday.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
The Youth Muslims from Indonesia (right) and US (on the screen) hold a long distance video conference dialogue on Tuesday.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Sekjen Kementerian Agama Nur Syam menginstruksikan seluruh kepala kantor wilayah (Kakanwil) di lingkungan kementerian tersebut mempersiapkan sarana video conference (V-con) secepatnya untuk efisiensi anggaran ke daerah.

"Jadi, nanti bisa jadi untuk rapat dengan kakanwil, maka kita tidak usah datang ke sana, Menag di sini kasih instruksi," terang Nur Syam, Selasa (16/12).

Sekarang ini baru 12 kanwil Kemenag yang sudah siap. Cara ini, lanjut Nur Syam, dapat meningkatkan komunikasi antara jajaran kementerian tersebut di pusat dan daerah. Lebih dari itu, pihaknya dapat melakukan efisiensi mengingat jangkauan kerja Kementerian Agama sangat luas dari sisi geografis.

Ia berharap, pemanfaatan V-con dan informasi komunikasi dan teknologi atau ICT lainnya dapat memperdekat jarak antara Jakarta dan daerah.

“Kalau sudah bisa di 33 provinsi, maka begitu ada masalah di daerah dan Pak Menteri ingin tahu bagaimana solusinya, maka kita bisa melakukan video conference sehingga kita tahu apa yang terjadi di daerah. Ini salah satu nilai strateginya," harap Nur Syam.

Nur Syam mencontohkan bagaimana penggunaan Whatsapp Linked Kementerian Agama yang sudah berjalan di jajaran pimpinan memberikan dampak yang luar biasa.

Ketika menghadapi masalah pencairan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Nikah Rujuk KUA, berbagai informasi bisa didiskusikan, dan diketahui bersama melalui grup tersebut. Sehingga bisa segera diambil langkah dan jalan keluarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement