Jumat 12 Dec 2014 19:27 WIB

Libur Tahun Baru, Sewa Vila Puncak Naik Empat Kali Lipat

Vila Istana Bunga
Foto: VIB
Vila Istana Bunga

REPUBLIKA.CO.ID,CIANJUR -- Jelang libur Natal 2014 dan Tahun Baru 2015, harga sewa vila dan kamar hotel di kawasan Puncak-Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, melambung hingga empat kali lipat dari harga normal.

Meski melambung, namun tidak menyurutkan niat pemesan yang sebagian besar berasal dari Jabodetabek, untuk menghabiskan libur panjang Natal dan Tahun Baru di wilayah beriklim sejuk itu. Sejumlah pengelola vila di Puncak dan Cipanas menuturkan, sejak satu pekan terakhir tingkat pemesanan mulai meningkat untuk Natal dan Tahun Baru.

"Saat ini dari 14 vila yang kami kelola, delapan vila diantaranya telah tersewa untuk dua hari pada Natal dan tiga hari menjelang tahun baru. Setiap Natal dan tahun baru harga naik hingga empat kalilipat dari harga sewa biasa," kata Dedi Bonot salah seorang pengelola vila di Kecamatan Pacet, Jumat (12/12).

Dikatakannya, untuk harga sewa biasa, pihaknya mematok harga Rp 250 ribu hingga Rp1 juta per malam, tergantung jumlah kamar. Tetapi menjelang Natal dan tahun baru kali ini, harga sewa naik dari Rp 1 juta hingga Rp 4 juta per malam.

"Untuk satu kamar, ruang tamu plus dapur kami tawarkan Rp1 juta permalam, untuk dua sampai tiga kamar dengan fasilitas lengkap kami tawarkan Rp 4 juta per malam. Kami perkirakan menjelang Natal dan tahun baru akan penuh," katanya.

Pernyataan serupa disampaikan Ali Sodikin, pengelola puluhan vila di Puncak. Sejak satu bulan terakhir, ia telah menerima pesanan untuk malam Natal dan tahun baru, dimana calon penyewa sebagian besar pelanggan lama dari Jakarta. "Harga yang kami tawarkan tidak terlalu tinggi karena pelanggan lama yang akan menyewa. Harapan kami sama seperti tahun-tahun sebelumnya semua vila dapat terisi penuh," katanya.

Sementara itu, sejumlah pengelola hotel mengungkapkan, setiap Natal dan tahun baru, harga sewa dipastikan naik sesuai kesepakatan antar pengusaha dan perhimpunan pengusaha hotel dan restoran sebesar 20 sampai 30 persen dari harga sewa biasa.

Meskipun harga tersebut dinaikkan, ungkap Joko, salah seorang staff office hotel berbintang di Jalan Raya Cipanas, tidak menyurutkan minat penyewa untuk memesan kamar selama libur Natal dan tahun baru.

"Untuk minggu ini, dari ratusan kamar yang kami miliki, 30 persen di antaranya telah terpesan untuk libur Natal dan tahun baru. Kami perkirakan masuk pekan terakhir bulan Desember, tingkat pesanan akan terus meningkat," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement