Jumat 21 Nov 2014 04:52 WIB

Wapres: Kunci Perdamaian Adalah Kemakmuran

Rep: sonia fitri/ Red: Damanhuri Zuhri
Muhamamd Jusuf Kalla
Foto: Republika/Yasin Habibi
Muhamamd Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden HM Jusuf Kalla mengatakan, salah satu akar permasalahan konflik di masyarakat bahkan di dunia karena tidak adanya keadilan dan kesejahteraan antara masyarakat yang satu dengan yang lain.

Akhirnya, ketika suatu kelompok merasa diabaikan, terintimidasi lantas terjadi benturan, akan muncul konflik fisik yang menuai kerugian dari kedua belah pihak.

"Makanya, kuncinya adalah kemakmuran," kata wapres singkat usai membuka acara World Peace Forum (WPF) di Jakarta, Kamis (20/11) malam.

Dalam sambutannya, JK, begitu ia akrab disapa, menekankan aspek kemakmuran dan keadilan yang mesti diterapkan, untuk menjaga perdamaian.  Penting, kata dia, keadilan pelayanan pemerintah untuk pusat maupun daerah.

''Sebagaimana penting pula pembangunan pemahaman masyarakat akan indahnya toleransi dan saling berdampingan di tengah keberagaman,'' paparnya.

Di samping itu, lanjut JK, pada dasarnya semua agama mengajarkan soal keadilan dan perdamaian. Namun, salah tafsir pemahaman agama kerap menjadi sumber penyulut konflik.

''Selain itu, kepentingan politik tertentu juga kerap mengacaukan upaya perdamaian dunia,'' ungkap Wapres menjelaskan.

JK menyebut, Muhammadiyah merupakan warisan sekaligus aset yang dimiliki Indonesia dan tidak dimiliki negara lain. Begitu juga ormas lainnya seperti Nahdlatul Ulama (NU).

''Mereka berperan dalam menjaga kesehatan masyarakat di bidang intelektual, spiritual dan fisik,'' papar Wapres menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement