Rabu 19 Nov 2014 17:45 WIB

Kelestarian Hutan Mendukung Kedaulatan Pangan

Rep: C67/ Red: Yudha Manggala P Putra
Hutan. Ilustrasi
Foto: Antara
Hutan. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CANGKRINGAN — Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemenlinghut), Siti Nurbaya Bakar menyerahkan secara simbolis pohon sengon kepada warga lereng Merapi di Desa Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Sebanyak 4.500 pohon sengon diberikan kepada warga Umbulharjo.

Dalam sambutannya, Siti Nurbaya mengatakan, pelestarian hutan sangat mendukung dalam mewujudkan kedaulatan pangan. Hutan lestari juga dapat membantu energi yang terbarukan. Untuk itu, Siti Nurbaya mengajak kepada warga setempat ikut memelihara hutan.

Sebab, kata Siti Nurbaya, yang terjadi selama ini hanya melakukan penanaman pohon. Akan tetapi, memelihara jarang dilakukan oleh warga. “pelestarian hutan juga bisa untuk kebutuhan air,” ujar Siti Nurbaya, Rabu (19/11) di Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

Pemerintah sendiri, lanjut Siri Nurbaya, sejak 2010-2013 telah melakukan penanaman pohon sebanyak 6,52 miliar. Jumlah tersebut tersebar diseluruh Indonesia. Pada tahun 2014, akan melakukan penanaman sebanyak dua miliar pohon.

Pasalnya, tutur Siti Nurbaya, lahan kritis di Indonesia pada tahun 2006 seluas 32 juta Hektar (Ha).  Pada tahun 2014 lahan kritis tersisa 24 juta Ha. Akan tetapi, Siti Nurbaya menegaskan, akan terus melakukan langkah agar lahan kritis terus berkurang.

Sementara itu, wakil bupati Sleman, Yuni Satia Rahayu mengatakan, pasca erupsi Merapi 1000 Ha hutan di Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) mengalami kerusakan. Selain itu, sekitar 1000 hektar lahan kritis masih terdapat di Sleman. “Saat ini baru 300 Ha yang ditanami kembali,” ujar Yuni, Rabu (19/11) dalam sambutannya.

Diakui Yuni, aktifitas penambangan liar di sekitar wilayah gunung Merapi menjadi faktor terjadinya lahan kritis. Untuk itu, tutur Yuni, Pemkab telah mengeluarkan surat edaran dan Perda terkait larangan aktifitas penambangan liar.

Hutan lindung, lanjut Yuni, merupakan bermanfaat untuk resapan air. Sehingga hal tersebut tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat Sleman, namun seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Karenanya, peran masyarakat dalam pelestarian hutan sangat dibutuhkan.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri (Kemenlinghut) Siti Nurbaya melakukan penanaman secara simbolis di area TNGM. Selain itu, dalam acara tersebut juga memberikan penghargaan kepada kelompok maupun perorangan yang peduli terhadap lingkungan dan hutan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement