Rabu 12 Nov 2014 14:51 WIB

Kemendagri Ingin Pilkada Serentak Selesai Desember 2015

Rep: Ira Sasmita/ Red: Mansyur Faqih
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemendagri siap mendukung Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelenggarakan pilkada serentak pada 2015. Namun, pemerintah menginginkan semua tahapan selesai termasuk pelantikan pada Desember 2015.

"Kalau mau, ya Desember serentak dilantik. Memang KPU minta dipertimbangkan waktunya seandainya terjadi putaran kedua, tapi kami berharap sebaiknya 2015 semuanya selesai," kata Mendagri Tjahjo Kumolo, di kantornya di Jakarta, Rabu (12/11).

Menurut dia, unsur keserentakan itu akan tercapai bila tahapan pilkada dan pelantikan dilakukan pada tahun yang sama. Dengan begitu, kepala daerah yang dipilih serentak akan dilantik serentak dan berakhir masa jabatannya pada waktu yang sama.

Karena itu, Tjahjo berharap DPR segera membahas Perppu Nomor 1/2014 sebagai landasan hukum penyelenggaraan pilkada langsung. Dengan begitu, percepatan penyiapan pelaksanaan pilkada bisa dilakukan tanpa ada kekhawatiran terjadi perubahan norma hukum.

Kemendagri, ungkapnya, telah menginstruksikan ke pemerintah daerah di delapan provinsi dan 196 kabupaten/kota yang akan menggelar pilkada 2015. Mereka diminta menyiapkan anggaran sesuai dengan tahapan yang diatur perppu.

"Makanya kami berharap DPR segera bahas perppu, sebaiknya 2015 semuanya selesai," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement