Rabu 05 Nov 2014 13:31 WIB

Basarnas Terjunkan Personel Cari Penambang Pasir Tenggelam

Basarnas
Foto: Antara
Basarnas

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Badan "Search and Rescue" Nasional (Basarnas) Pos SAR Cilacap melakukan pencarian terhadap seorang penambang pasir yang tenggelam di Sungai Serayu, Desa Wlahar, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

"Korban bernama Siswo (55), warga Dusun Semampir RT 01 RW 09, Desa Slarang, Kecamatan Kesugihan. Dia dilaporkan tenggelam sejak hari Selasa (4/11), sekitar pukul 10.45 WIB," kata Koordinator Basarnas Pos SAR Cilacap Mulwahyono di Cilacap, Rabu.

Pihaknya telah memberangkatkan 10 personel Basarnas untuk melakukan upaya pencarian korban. Dia menjelaskan upaya pencarian korban dilakukan dengan menyusuri aliran Sungai Serayu hingga "bedahan" (semacam delta, red.) di Pantai Bunton, Adipala, menggunakan perahu karet.

"Upaya pencarian juga melibatkan Cilacap Rescue, SAR Cilacap, Polsek Adipala, RAPI Cilacap, dan keluarga korban," katanya.

Ketua Paguyuban Penambang Pasir Desa Wlahar, Kecamatan Adipala Tukimin mengatakan musibah yang dialami Siswo terjadi saat penambang pasir tersebut dalam perjalanan pulang ke daratan setelah perahunya penuh dengan muatan pasir.

Ketika hampir sampai tempat pendaratan, kata dia, perahu yang ditumpangi Siswo terkena angin dan ombak hingga akhirnya terbalik.

"Oleh karena penuh dengan muatan pasir, Siswo beserta perahunya langsung tenggelam," katanya.

Dia mengatakan para penambang pasir di sekitar lokasi kejadian telah berusaha mencari korban tetapi tidak ditemukan, sehingga kejadian itu dilaporkan ke Basarnas Pos SAR Cilacap.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement