Rabu 29 Oct 2014 18:43 WIB

7 November, Satu Juta KIP dan KIS akan Dibagikan

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Puan Maharani
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Puan Maharani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak satu juta Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) akan segera dibagikan. Menurut Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, pembagian KIP dan KIS akan dilakukan pada 7 November.

Puan mengatakan kedatangannya ke Kantor Wakil Presiden Jusuf Kalla hari ini untuk melaporkan persiapan KIP dan KIS pada minggu pertama November nanti.

"Peluncuran Kartu Indonesia Sehat dan Pintar merupakan salah satu janji kampanye presiden dan wapres, ini memang harus diluncurkan secepatnya dan jadi prioritas," jelasnya usai mengikuti rapat terbatas dengan sejumlah kementerian, Selasa (29/10).

Ia pun menjelaskan program KIS dan KIP ini tak akan tumpang tindih dengan program pemerintahan sebelumnya. "Program yang akan dilakukan oleh BPJS dengan Kemenkes tidak //overlap// tapi kartu ini melebur dengan BPJS dengan //cover// yang bertambah," urainya.

Selain Kartu Indonesia Sehat, pemerintah juga akan meluncurkan Kartu Indonesia Pintar yang menjamin pendidikan selama 12 tahun. Puan mengatakan kartu-kartu ini akan disalurkan dan diawasi oleh kementerian terkait seperti Kemenkes, Kemendiknas, serta departemen sosial. Anggaran program ini pun telah dikoordinasikan dengan kementerian keuangan dan disetujui oleh DPR.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement