Selasa 28 Oct 2014 13:19 WIB

Perubahan Nama Kabinet 'Trisakti' Dipertanyakan

Rep: C87/ Red: Ichsan Emerald Alamsyah
Direktur Lingkar Madani Indonesia (Lima) Ray Rangkuti.
Foto: Republika/Wihdan H
Direktur Lingkar Madani Indonesia (Lima) Ray Rangkuti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perubahan istilah nama kabinet Jokowi-JK dari yang semula digadang-gadang sebagai Kabinet Trisakti menjadi Kabinet Kerja dipertanyakan. Pengamat politik dari Lingkar Madani Indonesia (Lima) Ray Rangkuti memandang perubahan tersebut sebagai perubahan arah dan paradigma.

Menurut Ray, jika semula ada harapan pembentukan kabinet diarahkan untuk sepenuhnya mewujudkan cita-cita kebangsaan yang dirumuskan dalam Trisakti, maka perubahan nama tersebut dengan sendirinya menimbulkan pertanyaan kemana orientasi kabinet kerja Jokowi.

"Apakah masih sepenuhnya hendak mewujudkan Trisakti atau sesuatu yang berjalan apa adanya," kata Ray melalui pernyataan kepada wartawan, Selasa (28/10).

Di samping itu, menurutnya, bisa dipahami perubahan nama tersebut jika melihat komposisi kabinet. Ray menilai beberapa nama dipertanyakan kesungguhannya mengusung jiwa Trisaksti.

"Orientasi pembentukan dan perubahan kabinet dari Trisakti ke Kabinet Kerja sama sekali tidak diutarakan Presiden. Baik ketika acara perkenalan, pelantikan maupun paska rapat kabinet pertama," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement