Jumat 24 Oct 2014 22:23 WIB

Seleksi Menteri Selesai, Jokowi Siap Umumkan Kabinet

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Bayu Hermawan
  Presiden Jokowi menyapa para pendukungnya pada Konser Salam 3 Jari di lapangan Monumen Nasional, Jakarta, Senin (20/10) malam.   (Republika/Yasin Habibi)
Presiden Jokowi menyapa para pendukungnya pada Konser Salam 3 Jari di lapangan Monumen Nasional, Jakarta, Senin (20/10) malam. (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto mengatakan seluruh tahapan proses seleksi menteri dalam kabinet pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla telah selesai. Presiden Joko Widodo juga sudah menerima hasil penelusuran terhadap empat kandidat menteri dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Andi mengungkapkan, hasil tersebut sudah disampaikan oleh pimpinan KPK dan kini sedang dipelajari oleh Presiden Joko Widodo. "Kalau tidak lagi mengharuskan ada revisi, kabinetnya sudah siap untuk diumumkan," ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (24/10).

Ia melanjutkan, DPR juga telah memberi kepastian bahwa surat jawaban terkait perubahan nomenklatur kementerian yang akan dilakukan Jokowi sudah rampung malam ini. Meski demikian, Andi mengatakan surat tersebut baru akan diantarkan ke Jokowi esok pagi.

Namun, meski surat jawaban dari DPR belum sampai di tangan Jokowi, pengumuman kabinet sudah bisa dilakukan. Sebab, kata Andi, presiden hanya meminta pertimbangan DPR terkait perubahan nomenklatur kementerian, bukan meminta persetujuan.

"Tapi tentunya akan kami lihat juga pertimbangan DPR apa. Jadi masih ada waktu apabila sebelum pelantikan untuk mengakomodasi usulan DPR tentang nama kementerian misalnya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement