Kamis 16 Oct 2014 08:01 WIB

Amien Rais: Kita tak Usah Ikut Masuk Kabinet Jokowi

Amien Rais
Foto: antara
Amien Rais

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Majlis Pertimbangan PAN, Prof Amien Rais, menegaskan koalisi merah putih (KMP) tidak usah ikut – ikutan masuk kabinet Jokowi dan Jusuf Kalla. Lebih baik KMP berada di luar pemerintahan dengan fokus di parlemen.

“Kita tidak usah ikut – ikutan (masuk kabinet Jokowi),” imbuh Amien, saat diwawancarai stasiun TV swasta, di Jakarta, Kamis (16/10).

Menurutnya,KMP akan bertindak berbeda dengan prinsip politik yang berkembang. Di saat orang – orang sibuk dengan power sharing, menanyakan dapat jabatan apa, KMP akan fokus pada responsibility sharing, membagi tanggungjawab.

Kalau pembagian kekuasaan menurutnya sangat naif. Membagi jabatan, membagi tambang, membagi kekuasaan. “Tidaklah,” tegasnya.

Politisi senior ini menegaskan semua pihak harus fokus kepada pembangunan bangsa. Semua pihak harus mengerti kesejahteraan rakyat harus ditingkatkan. Hal ini menurutnya harus dilakukan dengan membagi tanggungjawab, bukan dengan membagi kekuasaan.

Jokowi dan JK menurutnya harus didukung untuk menjalankan roda pemerintahan. Selama mereka menjalankan program yang prorakyat dan mendukung pembangunan tentunya bernilai positif.

“Nah sebaliknya, kalau mereka ternyata membuat kebijakan yang tidak pro rakyat, maka sudah tentu harus diawasi dan dikritisi,” imbuhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement