Kamis 09 Oct 2014 13:05 WIB

Saat Kemarau, Warga Pandaan Terbantu Sumur dan Tangki Air Merck

Warga kesulitan air bersih
Foto: Antara
Warga kesulitan air bersih

REPUBLIKA.CO.ID,PANDAAN--PT Merck Sharp & Dohme (MSD) Indonesia memberikan bantuan pembuatan tangki penampung air bersih senilai Rp 164 juta bagi masyarakat warga dusun Kalitengah, di lokasi pabrik Pandaan, Jawa Timur.

"Kami memahami adanya kebutuhan yang mendesak dari masyarakat sekitar akan air bersih pada musim kemarau. Untuk itu, MSD setuju untuk memberikan bantuan pembuatan bak penampungan utama dan hal ini juga disepakati bersama oleh Kepala Desa dan perwakilan warga," kata Plant Director MSD Novian Zein,  Kamis (9/10).

Dijelaskannya, perusahaan sebelumnya telah memberikan donasi untuk pembangunan sumur air tanah senilai Rp 115 juta yang pembangunannya sudah diselesaikan pada Juni 2014 lalu.

Pembuatan sumur air tanah sebagai persyaratan terkait penerbitan ijin SIPA, yakni harus memberikan air bersih kepada penduduk minimal 10 persen dari debit air.

Hal ini diamini oleh Kepala Dusun Kalitengah, Sukarwati yang menyatakan MSD dan masyarakat telah mencapai kesepakatan positif untuk bantuan pembangunan bak penampung air bersih.

"Kami bersyukur karena selama ini perusahaan sangat kooperatif terhadap warga dan justru jemput bola. Kejadian unjuk rasa masyarakat beberapa waktu lalu terjadi karena miskomunikasi," katanya.

Corporate Communications Manager MSD Diah Ira Setyawati  menjelaskan, pihaknya senantiasa memprioritaskan kualitas hidup masyarakat di sekitar pabrik.

Medio 2012 lalu, misalnya, MSD telah memberikan donasi sekitar Rp 220 juta untuk beasiswa kepada murid sekolah yang tidak mampu dan pembiayaan atas renovasi sekolah TK di Desa Karangjati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement