Senin 06 Oct 2014 16:48 WIB

Teras Narang Dianugerahi Gelar Bapak Pelopor Kebangkitan Dayak

Rep: Antara/ Red: Indah Wulandari
Teras Narang
Foto: Republika/Yogi Ardhi Republika
Teras Narang

REPUBLIKA.CO.ID,PALANGKARAYA--Damang atau Kepala Adat Suku Dayak se-Kalimantan Tengah menganugerahi gelar kehormatan Bapak Pelopor Kebangkitan Dayak kepada Agustin Teras Narang yang juga Gubernur Kalimantan Tengah.

"Dari seluruh Damang se-Kalteng maupun dari provinsi Kalimantan lainnya telah bersepakat dan membuat keputusan memberikan pemberian gelar tersebut," kata Pengurus Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) Siun Jarias, Palangka Raya, Senin (6/10).

"Keputusan tersebut diberikan saat memeringati 120 tahun Rapat Damai Tumbang Anoi di desa Tumbang Anoi Kabupaten Gunung Mas, Jumat(3/10). Gelar itu, menurutnya, tidak sembarangan diberikan Damang maupun Kepala Adat.

Gelar Bapak Pelopor Kebangkitan diberikan diberikan kepada Teras Narang yang juga Presiden MADN, karena dianggap telah bekerja keras dan berhasil mengangkat harkat serta martabat masyarakat suku Dayak di tingkat Nasional maupun Internasional.

Teras Narang mengatakan, gelar tersebut sebenarnya tidak untuk diri sendiri, melainkan seluruh suku Dayak yang ada di seluruh Indonesia. "Mengenai Napak Tilas Tumbang Anoi baru dilaksanakan setelah 120 tahun sebenarnya merupakan kewajiban sebagai Gubernur Kalteng maupun Presiden MADN. Saya juga kan suku Dayak,"ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement