Rabu 24 Sep 2014 10:35 WIB

LIPI Bangun Gedung Metrologi Kimia

Rep: C81/ Red: Julkifli Marbun
LIPI
LIPI

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membangun Gedung Metrologi Kimia di kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Serpong, Tangerang Selatan, Rabu (24/9).

Di Gedung tersebut nantinya, akan dilakukan berbagai kegiatan pengukuran metrologi kimia. Itu dilakukan dalam upaya merintis pengembangan infrastruktur metrologi kimia nasional.

Agus Haryono, Kepala Pusat Penelitian Kimia LIPI di Tangerang, mengatakan, Gedung Metrologi Kimia merupakan bagian dari upaya peningkatan kualitas sarana dan prasarana pusat penelitian kimia LIPI.

Gedung metrologi kimia dibangun diatas lahan seluas 3.250 meter persegi dengan fasilitas penunjang seperti ruang pertemuan, sarana ibadah, serta area parkir.

Saat ini,  baru gedung laboratorium yang difungsikan. Gedung itu digunakan untuk penelitian dan pengembangan pengukuran di bidang kimia anorganik, organik, elektrokimia dan gas. "Ditargetkan pembangunan secara menyeluruh selesai pada tahun 2015," ujarnya.

Selanjutnya, akan juga dilakukan melengkapi berbagai peralatan tambahan untuk memungkinkan dilakukan pengukuran yang sekunder bahkan primer sehingga dapat memenuhi kebutuhan nasional. 

"Gedung ini sebagai sarana awal dengan peralatan mendasar dan akan dilakukan pemenuhan selanjutnya karena menjadi acuan nasional," katanya.

Kepala LIPI, Lukman Hakim, menambahkan, gedung ini sebagai investasi yang diberikan pemerintah untuk dapat memfasilitasi dan mendorong kegiatan penelitian dan pengembangan metrologi kimia.

Kedepannya, pusat penelitian kimia akan mengembangkan metrologi kimia dan menjalankan peran utamanya yakni mengembangkan dan memelihara standar pengukuran sesuai kebutuhan masyarakat.

"Tujuan akhirnya adalah untuk mewujudkan kemandirian dalam pengukuran sehingga memberikan pondasi yang lebih kuat bagi perkembangan teknologi untuk mendukung industri serta peningkatan daya saing nasional dalam perdagangan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement