Rabu 10 Sep 2014 17:00 WIB

Pilkada Langsung Atau Lewat DPRD? Pakde Karwo Pilih yang Aman

Rep: Antara/ Red: Indah Wulandari
Gubernur Jawa Timur Soekarwo yang akrab dipanggil Pakde Karwo.
Foto: seputarmanusia.wordpress.com
Gubernur Jawa Timur Soekarwo yang akrab dipanggil Pakde Karwo.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Gubernur Jawa Timur Soekarwo menilai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) langsung oleh masyarakat merupakan bentuk layanan bagi rakyat untuk memilih pemimpinnya secara langsung.

"Masyarakat akan lebih tahu calon pemimpin yang dipilihnya," ujarnya menanggapi Rancangan Undang-Undang (RUU) Pilkada yang mekanismenya dipilih langsung atau tidak langsung usai menghadiri acara penerimaan penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) kategori Wiratama di Jakarta, Rabu (10/9).

Namun, gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo itu enggan memilih sepakat atau tidaknya. Pakde Karwo menjelaskan selama ini Pilkada langsung di wilayahnya berjalan aman, tertib dan tidak ada gesekan horizontal berarti dari kubu yang kalah dalam pertarungan pemilihan.

Hal itu, lanjut dia, menunjukkan masyarakat Jatim yang jumlahnya mencapai 38 juta jiwa siap dan bukan sebuah permasalahan jika pilkada tetap dipilih langsung oleh rakyat.

"Selama gelaran pemilihan wali kota, bupati, gubernur hingga presiden di Jatim, tidak ada yang berakhir konflik. Ini berarti rakyat Jatim siap," kata Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement