Ahad 07 Sep 2014 19:24 WIB

Jokowi Harus Memilih Menteri yang Tepat

Rep: c75/ Red: Joko Sadewo
Jokowi
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peneliti Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat) UGM, Fariz Fachryan mengatakan Jokowi harus memilih menteri yang berasal dari kalangan profesional yang mengerti bagaimana menjalankan kementerian.

"Penting dalam kepemimpinan Jokowi ini memilih menteri profesional yang mengerti bagaimana menjalankan sebuah kementerian," ujarnya kepada Republika Online (ROL) Ahad (7/9).

Namun, menurutnya, terdapat catatan dimana menteri yang profesional namun tanpa integritas maka akan tetap terjerumus. "Perlu orang yang tepat dalam menjalankan kementerian dan lembaga yang berhubungan dengan migas," katanya.

Menurutnya, kasus korupsi di SKK Migas dan Kementerian ESDM yang menyeret Jero Wacik menjadi gambaran bahwa banyak politisi menggerogoti kementerian berdana besar, dalam menjalankan rencana busuknya. "Ini menjadi perhatian buat Jokowi," katanya.

Ia menuturkan banyaknya pihak yang terjerat kasus korupsi di kementerian dan lembaga-lembaga adalah politisi yang berada di lingkaran kekuasaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement