Jumat 29 Aug 2014 02:59 WIB

Anas Sebut Unair Gairahkan Iklim Pendidikan Banyuwangi

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Mansyur Faqih
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, M.Si
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, M.Si

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan, hadirnya Universitas Airlangga (Unair) diharapkan bisa menggairahkan iklim pendidikan di Banyuwangi. Budaya riset diyakini bisa meningkat dan memberi kontribusi bagi pengembangan berbagai sektor di Banyuwangi.

Menurutnya, program studi budidaya perairan dan kedokteran hewan di Unair bisa membantu menyelesaikan masalah sektor perikanan dan peternakan di Banyuwangi.

"Bahkan di Unair Banyuwangi juga dibangun fasilitas laboratorium kedokteran hewan dan budidaya perairan yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan sektor terkait di Banyuwangi," ujarnya di Jakarta, Kamis, (28/8).

Jurusan Kesehatan Masyarakat, kata Anas, bisa dimanfaatkan untuk memacu layanan kesehatan kepada masyarakat di Banyuwangi. "Kami punya beberapa inovasi layanan kesehatan, seperti ambulans 24 jam," katanya.

Banyuwangi, ujar Anas, juga butuh ahli kesehatan di wilayah perdesaan di sekitar hutan. Sehingga diharapkan ada sentuhan generasi muda unggul di bidang kesehatan masyarakat.

"Kami sengaja meminta kemendikbud dan Unair hanya membuka program studi yang relevan dengan tantangan dan permasalahan daerah. Sehingga Unair dan berbagai kampus yang sudah ada di Banyuwangi bisa bersama-sama ikut memberi solusi atas tantangan di daerah," ujar Anas.

Anas optimistis dengan sinergi berbagai kampus yang sudah ada di Banyuwangi dan keberadaan penyelenggaraan program studi di luar domisili dari Unair bakal makin memacu daya saing daerah. 

"Saya yakin SDM adalah jantung daya saing sebuah daerah karena itu harus terus didorong peningkatannya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement