Rabu 13 Aug 2014 09:01 WIB

Orang Kaya-Miskin Bisa Berobat Gratis

Rep: mursalin yasland/ Red: Muhammad Hafil
Pemeriksaan dokter dalam rangka pengobatan gratis ke masyarakat.
Foto: Prayogi/Republika
Pemeriksaan dokter dalam rangka pengobatan gratis ke masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Bila tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung, melancarkan program berobat gratis bagi warga miskin di rumah sakit, pada tahun depan, orang kaya dan miskin bisa berobat gratis di semua rumah sakit di kota ini tanpa terkecuali.

"Tahun depan (orang) kaya-miskin bisa berobat gratis, tetapi di kelas III," kata Kepala Bagian Humas Pemkot Bandar Lampung, Paryanto, kepada Republika di Bandar Lampung, Rabu (13/8).

Ia mengatakan pihak puskesmas dan rumah sakit tidak perlu lagi susah memilih mana yang kaya dan miskin untuk berobat. Pemkot telah menyiapkan infrastruktur pengobatan gratis untuk orang kaya dan miskin, sehingga tidak ada lagi diskriminasi pelayanan kesehatan orang kaya dan miskin.

Menurut data Dinas Kesehatan Bandar Lampung, Paryanto menjelaskan pelayanan kesehatan gratis khusus warga Bandar Lampung ini atas instruksi Wali Kota Herman HN. Pemkot telah menganggarkan dana sebesar Rp 60 - Rp 70 miliar dalam APBD tahun 2015. Sebelumnya, pemkot menganggarkan berobat gratis untuk warga miskin sebesar Rp 30 miliar.

Ia mengatakan berobata gratis warga miskin dan kaya untuk semua penyakit namun perawatan dalam kelas III di rumah sakit pemerintah dan swasta. "Warga tidak usah pusing lagi berobat karena tidak punya biaya," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement