Kamis 07 Aug 2014 14:53 WIB

Petugas dan Relawan Bersihkan Ratusan Ton Sampah di Pantai Sukabumi

Senja di Ujung Genteng
Foto: Olenka Priyadarsani
Senja di Ujung Genteng

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Petugas gabungan dan relawan membersihkan ratusan ton sampah di sepanjang pantai objek wisata laut Kabupaten Sukabumi, mulai dari Pantai Ujunggenteng sampai Cibangban.

"Kebanyakan sampah yang menumpuk berasal dari wisatawan dan rumah makan di pesisir pantai. Saat ini kami sedang mencicil pembersihannya," kata Seketaris Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sukabumi, Jujun Junaedi, Kamis.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan dinas kebersihan setempat dalam hal penanggulangan sampah. 

Ia mengakui bahwa pembersihan sampah merupakan tanggung jawab dinas, namun demikian pihaknya juga berterima kasih kepada relawan yang telah ikut bergotong royong membersihkan sampah yang ditinggalkan oleh wisatawan.

"Yang terpenting saat ini bagaimana mengembalikan kembali kebersihan pantai yang ada di Kabupaten Sukabumi dan kami juga meminta kepada seluruh pemilih warung, tempat makan dan warga pesisir ikut bersama-sama membersihkan tempat wisata ini agar pantai selatan ini masih tetap menjadi tempat tujuan wisata pelancong," tambahnya.

Di sisi lain, Jujun juga mengimbau kepada pengusaha rumah makan, warung dan wisatawan agar selalu membiasakan membuang sampah pada tempatnya, karena selain objek wisata laut juga merupakan tempat mata pencarian ribuan nelayan di Sukabumi.

Jika kondisinya tercemar sudah dipastikan akan banyak yang dirugikan. 

"Sebenarnya kami juga sudah membuat tempat sampah di sepanjang pesisir, bahkan terus melakukan penataan. Namun demikian perlu adanya kesadaran dari semua pihak untuk menjaga kelestarian pantai yang merupakan salah tempat wisata yang menjadi andalan Kabupaten Sukabumi," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement