Rabu 30 Jul 2014 11:45 WIB

Dishub Pastikan Ada Angkutan Sungai dan Danau untuk Penyeberangan

Rep: c75/ Red: Bilal Ramadhan
Waduk Jatiluhur, Desa Galumpit, Kamis (15/5).
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Waduk Jatiluhur, Desa Galumpit, Kamis (15/5).

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG-- Pada arus mudik dan balik jelang hari Raya Idul Fitri 1435 Hijriyah. Dinas Perhubungan Provinsi Jabar memastikan terdapat angkutan sungai, danau dan penyeberangan. Pihaknya menyiapkan 1200 kapal untuk angkutan sungai, danau dan penyeberangan.

"Dinas memastikan ada juga angkutan sungai, danau dan penyeberangan. Jadi bukan dijalan raya saja," ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Deddy Taufik kepada Republika, Selasa (29/7).

Ia menuturkan angkutan tersebut salah satunya berada di Muara Gembong wilayah perbatasan Bekasi dan Cilincing, Jakarta Utara. Serta, di tiga danau di Jabar yaitu Jatiluhur, Cirata dan Saguling. "Kita pastikan dibeberapa titik tadi di Kali pucang dan majiklak. Penyeberangan antara Jawa Barat dengan Jawa Tengah, Cilacap. Kita pastikan kapal layak jalan," katanya.

Selain itu, menurutnya, pihaknya menyebarkan beberapa speed boat dibeberapa titik seperti Muara Gembong 2, Cirata 2, Saguling 2 dan Jatiluhur 2. "Kita sesuai tugas H-7 dan H+7 operasi dilapangan memberikan pelayanan terbaik," katanya.

Selain itu, pihaknya menyiapkan 6605 armada bis yang layak jalan. Serta fasilitas lalu lintas di jalan seperti rambu-rambu, waterbarrier, traffic control termasuk CCTV berjumlah 21CCTV di Pantura atau Selatan. Deddy Taufik mengatakan pihaknya juga menyebarkan tanda informasi lalu lintas di Pantura, Tengah dan Selatan.

"Kita memasang PJU bukan hanya dilintas mudik tapi lintas wisata juga," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement