Selasa 24 Jun 2014 23:20 WIB

Digempur Soal HAM, Prabowo Sukses Dapat Simpati

Rep: c92 / Red: Esthi Maharani
Prabowo Subianto
Foto: Facebook
Prabowo Subianto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pengamat politik sekaligus Direktur Lembaga Survei Nasional (LSN), Umar S. Bakry, mengatakan tensi persaingan politik di Indonesia saat ini sedang memanas. Berbagai cara dilakukan berbagai pihak untuk menjatuhkan lawan politiknya, termasuk dengan menggulirkan isu tentang Hak Asasi Manusia (HAM).

Menurut Umar, publik seringkali salah sangka dalam melihat fenomena ini. Banyak orang menyangka dengan menyerang Prabowo terus-menerus, elektabilitas Prabowo akan menurun. Padahal, menurut dia, yang terjadi bisa sebaliknya.

“Justru Prabowo yang terus dihujani dengan isu HAM, justru mengundang empati dan simpati dari masyarakat. Ini justru akan merugikan Jokowi.” kata Umar saat dihubungi ROL, Selasa (24/6).

Umar mengatakan, asumsi yang berkembang selama ini justru mempertanyakan mengapa negara asing cenderung bersikap keras terhadap Prabowo. Umar menilai negara-negara asing ini memiliki kepentingan.

“Mereka memiliki kepentingan dan kepentingan mereka terganggu.” ujar Umar.

Umar mengatakan, isu HAM yang digulirkan saat ini jelas tidak bisa lepas dari kontes politik yang sedang terjadi di Indonesia. Pasalnya, walau sudah terjadi sekian lama, masalah ini tidak pernah digulirkan, bahkan ketika Prabowo mencalonkan diri menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) bersama Megawati.

“Setahun, dua tahun, lima tahun yang lalu ketika Prabowo jadi cawapres Mega, tidak ada masalah dengan kasus HAM. Sekarang kita meributkan tentang HAM.” kata Umar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement