Senin 16 Jun 2014 19:10 WIB

Empat Desa di Nusa Penida Rawan Pangan

rawan pangan (ilustrasi)
rawan pangan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMAPURA -- Empat desa di Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali, masuk katagori rawan pangan sehingga pemerintah daerah setempat berencana mengalokasikan dana senilai Rp79,5 juta.

"Kalau tidak segera diatasi, kami khawatir akan terjadi krisis pangan di empat desa itu," kata Wakil Bupati Klungkung Made Kasta di Semarapura, Senin (16/6).

Menurut dia, dana tersebut akan dicairkan dalam bentuk bantuan langsung tunai. Selain itu, Pemkab Klungkung juga akan mengirimkan 8,4 juta ton beras ke empat desa di daerah kepulauan tersebut, yakni Batu Madeg, Batu Kandik, Sekar Taji, dan Bunga Mekar.

Desa tersebut berada di wilayah perbukitan Nusa Penida yang lahan pertaniannya hanya bisa ditanami padi pada saat musim hujan. "Saat memasuki musim kemarau ini, stok pangan di desa itu menipis," kata politikus Partai Gerindra itu.

Made Kasta menyatakan bahwa bantuan keempat desa tersebut rutin dilakukan sejak tiga tahun terakhir. "Rencananya bantuan ini kami berikan pada hari Jumat (20/6) depan," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement