Senin 09 Jun 2014 03:40 WIB

Raih Piala Adipura, Banjar Siapkan Prosesi Arak-Arakan

Sebuah Tugu Adipura (ilustrasi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Sebuah Tugu Adipura (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MARTAPURA -- Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, menyiapkan arak-arakan piala Adipura Kencana yang diraih Kota Martapura menyusuri jalan-jalan dan sejumlah kawasan di ibukota kabupaten setempat.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banjar, Boyke W Triestiyanto di Martapura, Minggu mengatakan, arak-arakan piala adipura dilaksanakan, Senin (9/6) pagi.

"Kami sudah menyiapkan rute dan sejumlah kawasan yang akan dilintasi rombongan sehingga diharapkan tidak ada hambatan di lapangan seperti turunnya hujan," ujarnya.

Ia mengatakan, rombongan arak-arakan piala adipura terdiri dari anak sekolah, petugas kebersihan, pengurus organisasi kemasyarakatan dan pihak terkait lainnya.

Disebutkan, rute yang akan dilintasi rombongan di mulai dari batas kota Jalan Ahmad Yani Km 36 memasuki Jalan Menteri Empat kemudian menuju Kantor Bupati Jalan Ahmad Yani Km 40.

"Rencananya, piala diserahkan kepada Bupati Banjar Khairul Saleh usai apel gabungan, dan diserahkan kembali ke peserta arak-arakan yang membawa hingga ke TPA," ungkapnya.

Menurut dia, rute yang dilewati diarahkan ke sejumlah titik pantau adipura seperti tempat pembuangan sampah terpadu, rumah sakit, komplek perumahan hingga sekolah.

"Tujuannya agar pengelola titik pantau mengetahui kerja keras mereka berbuah penghargaan paling tinggi," ujar Boyke yang didampingi Kabid Kebersihan Normansyah.

Dikatakan, selain memberitahukan bahwa Kota Martapura berhasil meraih Adipura Kencana, diharapkan semakin menyadarkan masyarakat agar selalu menjaga dan mengelola lingkungan.

"Harapan kami, masyarakat makin sadar dan termotivasi menjaga serta memelihara kebersihan lingkungan sehingga tidak lagi harus menunggu penilaian adipura," ujarnya.

Ditekankan Boyke, penghargaan Adipura Kencana yang diraih bukan akhir tetapi justru awal membangun kesadaran setiap anggota masyarakat menjaga dan memelihara lingkungan.

"Bagi kami Adipura Kencana bukan akhir tapi awal menuju perbaikan kualitas lingkungan dan diharapkan seluruh komponen masyarakat turut mendukung," katanya.

Penghargaan Adipura Kencana diraih Kota Martapura kategori Kota Kecil dan diterima Bupati Banjar Khairul Saleh dari Wapres Boediono bertepatan peringatan Hari Lingkungan Hidup se Dunia tanggal 5 Juni 2014.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement