Ahad 08 Jun 2014 10:39 WIB

Kuota Terbatas, Tak Semua Lulusan SD dan SMP Tertampung di Sekolah Negeri

Rep: c80/ Red: Joko Sadewo
Siswa Sekolah Dasar (SD) mengikuti ujian (ilustrasi)
Foto: Republika/Yasin Habibi
Siswa Sekolah Dasar (SD) mengikuti ujian (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Kuota bangku SMP dan SMA Negeri di Kota Tangerang untuk tahun ajaran 2014 terbatas, sehingga dipastikan lulusan SD dan SMP yang ada tidak bisa tertampung seluruhnya.

Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang, jumlah lulusan tingkat SMP dari sekolah negeri dan swasta tahun ini ada sebanyak 24.716 murid. Namun kuota bangku untuk SMA/SMK negeri sekitar 6.000 murid dari jumlah sekolah 15 SMA dan 9 SMK.

Jumlah lulusan dari SD negeri dan swasta ada 30.920 murid. Sementara SMP negeri hanya bisa menerima 9.000 murid, dengan jumlah sekolah sebanyak 24 SMP.

"Jumlah lulusanya memang tidak sebanding dengan jumlah sekolah negeri yang tersedia, sehingga siswa SD yang hendak melanjutkan ke SMP negeri atau siswa SMP yang melanjutkan ke SMA negeri harus bersaing agar bisa diterima," kata Sekretaris Dindik Kota Tangerang Masyati Yulia, Jumat (6/6).

Meksi daya tampung terbatas, namun para siswa bisa tetap melanjutkan sekolahnya ke ke SMP, SMA atau SMK swasta yang jumlahnya sangat banyak. Berdasarkan data, jumlah SMP swasta sebanyak 209 sekolah, SMA 86 sekolah dan SMK 102 sekolah.

"Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, calon siswa bisa tetap melanjutkan ke sekolah swasta. Kualitasnya bagus-bagus dan bagi siswa yang tidak mampu, biaya sekolah juga sudah ditanggung dengan program Tangerang Cerdas yang sudah dianggarkan oleh Pemkot Tangerang sekitar Rp 80 miliar," jelas Masyati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement