Ahad 29 Apr 2018 21:30 WIB

Mayoritas Warga Kabupaten Bandung Hanya Lulusan SMP

Kabupaten Bandung masih rendah dalam rata-rata lama sekolah.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi
Foto: Republika/Prayogi
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG -- Bupati Bandung, Dadang M Naser mengungkapkan rata-rata masyarakat Kabupaten Bandung mengenyam pendidikan hanya sampai tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dia mendorong warga yang tidak melanjutkan sekolah bisa meneruskan ke jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), IPM Kabupaten Bandung pada 2017 sebesar 71,28 poin. Angka itu meningkat 0,59 poin dibandingkan 2016, yaitu 70,69 poin. Sementara, indikator rata-rata lama sekolah (RLS) berada di angka 8,59 poin, naik 0,09 poin dibandingkan 2016.

Namun, angka tersebut masih terbilang rendah dibandingkan Harapan Lama Sekolah (HLS) yang berada di angka 12,71 poin. "Kabupaten Bandung masih rendah dalam rata-rata lama sekolah. Kita akan terus dorong Disdik untuk menyisir anak-anak agar melanjutkan sampai ke SMA/SMK, ujarnya, Ahad (29/4).

Ia menuturkan, dalam meningkatkan kualitas masyarakat, dia terus melakukan kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi. Hal itu diantaranya melakukan kerja sama dengan UNPAD, ITB, Tel-U dan UIN untuk mendorong masyarakat agar dapat meningkatkan kemampuannya.

Menurutnya, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bandung menyiapkan tenaga kerja yang siap dikirim ke Jepang dan Korea. Selain pendidikan, pembangunan bidang lingkungan akan terus ditingkatkan dengan melibatkan semua perangkat daerah (PD) dalam mendukung program Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement