Kamis 05 Jun 2014 04:02 WIB

Kebakaran Hanguskan Lima Rumah di Permukiman Padat Bandung

Rep: C69/ Red: Didi Purwadi
Kebakaran di permukiman padat penduduk. (ilustrasi)
Foto: Antara/Joko Sulistyo
Kebakaran di permukiman padat penduduk. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Lima rumah, dengan total luas 175 m2 di kawasan padat penduduk Kota Bandung, hangus terbakar.

Lima rumah yang terbakar itu berada di kawasan Kampung Pasir Kaliki Barat RT 05, RW15, Kelurahan Sadang Serang, Kecamatan Coblong, Bandung.

Pihak Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bandung mengaku mendapat laporan dari warga pada Rabu (4/6) pukul 09.00 WIB. Diperkirakan kebakaran itu sendiri terjadi pada pukul 08.45 WIB. Ketika itu masyarakat sudah saling membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Elan Suparno, Kepala Seksi (Kasi) Rehabilitasi dan Rekonstruksi Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung, mengatakan pemukiman di kawasan itu memang termasuk rawan kebakaran. Perumahan di lokasi saling berdempetan.

"Rumah Pak Oleh ada di tengah, sumber kebakaran, lalu merembet ke dua unit di samping kiri-kanan dan dua unit lagi di belakangnya," jelasnya, di lokasi kejadian, Rabu (4/6).

Berdasarkan penjelasannya, kebakaran cepat terjadi karena radiasi panas yang merembet begitu mudah. Kondisinya sebagian besar perumahan terdiri dari bahan kelas A, yaitu bahan yang mudah terbakar.

Perumahan di lokasi dibangun menggunakan bahan kayu dan seng. "Tidak permanen dengan beton, maka panas cepat merembet," terangnya lagi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement