Sabtu 17 May 2014 21:03 WIB

Nelayan Bengkulu Diberi Hadiah GPS

Nelayan mengisi solar di atas kapal di Stasiun Pengisian Bahan Bakar di Muara Baru, Jakarta, Rabu (26/2).
Foto: Republika/Prayogi
Nelayan mengisi solar di atas kapal di Stasiun Pengisian Bahan Bakar di Muara Baru, Jakarta, Rabu (26/2).

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu berencana meluncurkan teknologi pemanfaatan General Positioning System (GPS) untuk program pengembangan nelayan. "Pemprov Bengkulu berupaya untuk mengembangkan program unggulan menuntaskan kemiskinan sejumlah nelayan, salah satunya program pemanfaatan teknologi GPS untuk nelayan," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bengkulu, Rinaldi kepada Antara di Bengkulu, Sabtu (17/5).

Rinaldi mengatakan, dengan pemanfaatan teknologi GPS tersebut, para nelayan Bengkulu dapat mendeteksi titik-titik lokasi kumpulan ikan. "Adana GPS pendeteksi kumpulan ikan ini, kita harapkan nelayan tidak susah lagi menangkap ikan," kata dia.

Dengan memperbarui teknologi, Pemprov Bengkulu, meyakini jumlah tangkapan ikan akan meningkat sehingga terjadi perbaikan perekonomian nelayan. Pasalnya, angka kemiskinan nelayan di Bengkulu masih sangat tinggi. Dia memperkirakan, sekitar 5 ribu dari 10 ribu nelayan di daerah itu masih termasuk ke dalam kategori miskin."Oleh sebab itu kami berupaya meluncurkan program-program pengentasan kemiskinan," katanya.

lebih lanjut

Menurut Rinaldi, pemerintah setempat tidak hanya meluncurkan program pemanfaatan GPS semata, namun juga meluncurkan program penting peningkatan kualitas nelayan Bengkulu. Dia mencontohkan, program motorisasi dan bantuan peralatan tangkap kepada nelayan. "Namun, program tersebut belum bisa mengurangi angka kemiskinan."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement