Sabtu 17 May 2014 14:30 WIB

Polres Musirawas Akan Cek Sumur Migas Resahkan Masyarakat

  AKtivitas para pekerja di ladang minyak dan gas (migas) Handil, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.  (Republika/Agung Sasongko)
AKtivitas para pekerja di ladang minyak dan gas (migas) Handil, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. (Republika/Agung Sasongko)

REPUBLIKA.CO.ID, MUSIRAWAS -- Jajaran Polisi Resor Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, akan mengecek tiga lokasi titik sumur minyak bumi dan gas yang dikelola PT Medco E & P Indonesia yang meresahkan warga Desa Sembantu Jaya, Kecamatan Bulang Suku Tengah (BTS) Ulu.

"Kami akan berkoordinasi dengan manajemen perusahaan pertambangan minyak bumi dan gas (Migas) PT Medco untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi masalah keamanan di lokasi tersebut," kata Kepala Polisi Resor (Kapolres) Musirawas AKBP Chaidir, Sabtu (17/5).

Bila hasil pengecekan itu terindikasi melanggar aturan, maka akan ditindak lanjuti untuk penegakan hukum, tapi jika keberadaan sumur migas ilegal maka akan dipelajari agar tidak menimbulkan masalah sosial.

Ia mengatakan, berdasarkan laporan dari jajaran Polsek BTS Ulu banyak masyarakat mengaku resah, terutama penduduk yang tinggal sekitar sumur migas tersebut karena pipa minyak itu tidak ada pengamanan seperti pagar pembatas dan lainnya.

Dengan kondisi tersebut juga sangat rawan terhadap tindak kriminal karena bisa saja dilakukan pencurian dan bila terjadi kebocoran bisa membahayakan jiwa masyarakat serta limbahnya merusak lingkungan sekitarnya.

Ia mengimbau masyarakat di sekitar sumur migas aktif itu agar tidak melakukan pencurian minyak mentah melalui pipa telanjang tersebut, supaya tidak memicu terjadinya kebakaran dan pencemaran lingkungan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Musirawas Suhendi mengharapkan PT Medco setempat dapat meningkatkan pengamanan pada tiga sumur minyak dalam perkampungan penduduk di Desa Sembatu Jaya setempat.

"Kami sudah berulang kali mendapat laporan masyarakat setempat bahwa mereka resah atas keberadaan tiga sumur minyak tanpa pengamanan yang ketat seperti pagar dan lainnya," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement