Selasa 13 May 2014 21:11 WIB

Honor Abdi Dalem Akan Dikirim ke Rekening Pekan Depan

Rep: neni ridarineni/ Red: Muhammad Hafil
 Abdi dalem membawa sesaji di Sasana Sewaka, Keraton Surakarta Hadiningrat, Solo, Jateng, Kamis (17/5).
Foto: Andika Betha/Antara
Abdi dalem membawa sesaji di Sasana Sewaka, Keraton Surakarta Hadiningrat, Solo, Jateng, Kamis (17/5).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Honor abdi dalem dari Danais (dana keistimewaan) akan dikirim ke rekening para abdi dalem pekan depan yakni Senin (19/5).

Honor  yang akan diterima oleh abdi dalem dirapel selama empat bulan. Hal itu dikemukakan  Kepala Dinas Kebudayaan DIY GBPH Yudhaningrat, Selasa (13/5). Dia mengatakan pembagian buku tabungan akan dilaksanakan selama tiga hari (13-15/5).  ''Dalam buku tabungan saldonya masih nol rupiah. Kemungkinan honornya akan dikirim ke rekening masing-masing besok Senin (red. 19/5),''tuturnya.

Lebih lanjut dia mengatakan abdi dalem yang menerima buku rekening/tabungan merupakan abdi dalem yang menerima honor di atas

Rp 300.000 per bulan. Sedangkan di bawah Rp 300.000 diberikan secara manual. Honor yang masuk ke rekening (red. buku tabungan) masing-masing abdi dalem sudah dipotong pajak berdasarkan aturan yang berlaku.

Gusti Yudha (panggilan akrab GBPH Yudhaningrat) memberi contoh: apabila honornya Rp 300 ribu per bulan, maka dia akan mendapatkan Rp 1,2 juta lalu dipotong enam persen. Namun bagi abdi dalem yang menjadi PNS honornya akan dipotong  15 persen.

Sementara itu Penghageng II Tepas Parentah Hageng Keraton Kasultanan Yogyakarta, KRT Yuda hadiningrat mengatakan bagi abdi dalem yang tidak mendapatkan rekening tabungan harus datang sendiri ke Keraton, karena harus tanda tangan absen dan tanda tangan penerimaan uang. 

Namun, dia menambahkan ,bagi   putra dan wayah Dalem Keraton, pengambilan rekening bisa dikuasakan. Misalnya GKR Hayu yang sedang menempuh studi di Amerika Serikat dengan honor Rp3,05 juta per bulan, bisa dikuasakan.  Sedangkan  abdi dalem tidak boleh dikuasakan karena sekalian untuk inventarisasi personel. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement