Rabu 23 Apr 2014 11:00 WIB

Ini Wajah Baru Legislatif terpilih di NTT

Rekapitulasi suara (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Rekapitulasi suara (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG-- Hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara calon anggota DPRD Provinsi NTT dari daerah pemilihan (Dapil) NTT-2 yang meliputi Kabupaten Kupang, Rote Ndao dan Sabu Raijua, memunculkan lima wajah baru.

"Dari jatah tujuh kursi yang diperebutkan oleh kandidat dari Dapil NTT-2 di DPRD NTT, lima orang di antaranya merupakan wajah baru, sedang dua kursi sisanya masih direbut calon petahana," kata Ketua KPU Nusa Tenggara Timur Johanes Depa di Kupang, Rabu.

Kelima wajah baru tersebut adalah Welem D Kale dari Partai Nasdem yang meraih 8.722 suara, Wilson Rondo dari Partai Demokrat meraup 13.127 suara, Antonio Soares dari Partai Gerindra 6.103 suara, Hamdan S Batjo dari Partai Hanura mengantongi 5.644 suara dan Junus Naisunis dari PKB hanya mengoleksi 4.541 suara.

Dua kursi sisanya, masing-masing direbut calon petahana atas nama Semuel Niti dari Partai Golkar dan Nelson Obet Matara dari PDI Perjuangan. Berdasarkan total bilangan pembagi pemilih (BPP) untuk Dapil NTT-2 yang dihitung berdasarkan total suara sah pemilih pada pemilu legislatif 9 April 2014, hanya sekitar 35.000 untuk harga satu kursi.

Depa mengatakan berdasarkan hitungan BPP, hanya Partai Golkar yang mencapai bilangan pembagi dengan mengumpulkan 45.150 suara dari selurah caleg partai berlambang pohon beringan itu di Dapil NTT-2, disusul Partai Nasdem 33.999 suara.

"Meski Partai Golkar mencapai BPP di Dapil NTT-2 untuk DPRD Provinsi, Partai yang dipimpin Ketua Ibrahim Agustinus Medah itu hanya kebagian satu kursi saja, walaupun masih menyisahkan 9.000 suara dan tidak bisa menghasilkan kursi," katanya.

Artinya, kata Depa dari tujuh kursi yang disediakan di Dapil NTT-2, tidak ada parpol peserta Pemilu yang menghasilkan kursi ganda atau masing-masing partai hanya kebagian satu kursi saja di Dapil tersebut. Padahal, katanya, di Dapil itu dua caleg Partai Golkar NTT bersaing ketat antara Semuel Niti dan Bernard E Pelle yang jika memungkinkan Partai ini mendapat dua kursi, maka satunya diraih mantan wakil bupati Rote Ndao itu.

Hari ini (Rabu, 23/4/2014, pleno rekapitulasi akan dilanjutkan untuk Dapil NTT-1 yaitu Kota Kupang yang disediakan enam kursi yang berdasarakan data yang ada dibagi sama untuk enam Partai Politik yaitu PDI Perjuangan mendudukan Anton Bele, Gerindra menggolkan Victor Lerik, Partai Nasdem memuluskan Alex Ena, Partai Golkar Mochammad Anshor, Partai Hanura Jimmy Sianto dan Partai Demokrat Kondrad L Kale.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement