Rabu 23 Apr 2014 09:29 WIB

Ini Harapan Ridwan Kamil kepada Legislatif Terpilih

Rep: c30/ Red: Bilal Ramadhan
  Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengamati bus wisata Bandung Tour On Bus (Bandros) di Balai Kota Bandung, Kamis (17/4). (Republika/Edi Yusuf)
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengamati bus wisata Bandung Tour On Bus (Bandros) di Balai Kota Bandung, Kamis (17/4). (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG-- Penghitungan suara dalam pemilu legislatif (pileg) untuk tingkat DPRD di Kota Bandung telah selesai. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berharap, anggota DPRD yang baru bisa membangun komunikasi yang baik dengan pemkot dalam mengawal program pemkot selama lima tahun ke depan.

"Mau baru atau lama kita ingin janjian agar dewan-dewan khususnya yang baru, berkomitmen mengawal program RPJMD (Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah). Saya menyambut baik hasil pemilu kemarin," katanya di Balai Kota, Rabu (23/4).

Menurut Emil, sapaan akrab dia, formasi stabilitas politik ke depan akan berubah dari periode sebelumnya. Sebab, kata dia, perolehan suara setiap partai tidak berbeda jauh dan relatif seimbang. Hal ini berbeda dengan periode sebelumnya yang didominasi oleh Partai Demokrat sebanyak 20 kursi.

Dia menjelaskan, dari hasil pileg 2014 di Kota Bandung, setiap partai politik mendapatkan antara 6 sampai 7 kursi. Hanya PDIP yang mendapat jatah kursi di DPRD sebanyak 12. "Jadi ada konstelasi atau perubahan. Saya kira politik kan proses penyesuaian. Dengan (anggota dewan) yang baru kita akan berlari bersama-sama," ujarnya.

Ditanya apakah menguntungkan atau merugikan pihaknya terkait formasi baru di dewan, Emil mengatakan hal itu tidak bisa dihitung dengan untung rugi. Menurutnya, yang terpenting adalah kerjasama antara eksekutif dan legislatif bisa berjalan selaras dan mampu mewujudkan cita-cita Kota Bandung.

"Yang pasti ketok pintunya lebih banyak. Karena masing-masing fraksi kursinya mirip-mirip," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement