Kamis 03 Apr 2014 11:30 WIB

BPBD Bali Pantau Tsunami Cile

Warga Cile mengungsi ke dataran tinggi setelah gempa yang berpotensi tsunami menimpa.
Foto: Cristian Vivero/Reuters
Warga Cile mengungsi ke dataran tinggi setelah gempa yang berpotensi tsunami menimpa.

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR-- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali memantau perkembangan dampak tsunami pasca-gempa berkekuatan 8.0 pada skala Richter di utara lepas pantai Chile pada Rabu (2/4).

"Kami kerahkan petugas dan ambulansuntuk memantau sejumlah pesisir yang dikhawatirkan terdampak tsunami gempa Chile," kata anggota Tim Reaksi Cepat BPBD Provinsi Bali, Made Adnyana, ditemui di Pantai Semawang, Sanur, Kamis.

Setiap ambulans BPBD Bali dilengkapi satu dokter dan dua petugas medis yang bersiaga untuk membantu masyarakat apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan akibat tsunami pasca-gempa di negara Amerika Selatan itu.

Dia menjelaskan bahwa tim tersebut memantau beberapa kawasan yang sebelumnya telah diinformasikan berpotensi terjadi tsunami kecil dengan tinggi gelombang kurang dari 0,5 meter. Tim tersebut melakukan pemantauan di beberapa kawasan pesisir di Gianyar dan Klungkung, Pantai Kuta, dan Sanur di Denpasar.

 

Adnyana mengungkapkan bahwa perkembangan tinggi gelombang di Sanur tidak begitu signifikan dan masih terlihat seperti biasanya. Sementara itu aktivitas nelayan di pantai berpasir putih itu masih terlihat seperti biasa. Para nelayan bahkan masih melaut dan tidak ada penghentian aktivitas.

Sebelumnya Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Bali menginformasikan kepada sejumlah media terkait dampak tsunami kecil yang berpotensi terjadi di sejumlah perairan di Pulau Dewata berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

BMKG memberikan status waspada di sejumlah kawasan yang berpotensi terjadi tsunami dengan tinggi gelombang diperkirakan mencapai kurang dari 0,5 meter dengan estimasi waktu tiba mulai pukul 09.28-10.41 WITA.

Kawasan yang diberikan waspada tsunami itu di antaranya meliputi Pantai Sanur di Denpasar, pesisir Karangasem bagian selatan dan Klungkung. Pulau Nusa Penida di Kabupaten Klungkung dan Gianyar juga diperkirakan berpotensi terjadi tsunami dengan status waspada masing-masing pada pukul 09.54 WITA dan 09.58 WITA.

Selain itu Jembrana dengan prediksi waktu tiba sekitar pukul 10.22 WITA, Tabanan (10.27 WITA), dan Pantai Kuta di Kabupaten Badung (10.41 WITA) juga diperkirakan berpotensi terjadi gelombang pasca-gempa di negara bagian benua Amerika Selatan itu.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement