Senin 31 Mar 2014 18:56 WIB

Catatan 'Cepot' Sang Maestro Wayang Golek Indonesia (1)

Rep: cr02/ Red: Joko Sadewo
Dalang Asep Sunandar Sunarya.
Foto: Antara
Dalang Asep Sunandar Sunarya.

REPUBLIKA.CO.ID, Asep Sunandar Sukana, Sang maestro wayang golek di Indonesia, merupakan anak ketujuh dari 13 bersaudara dari pasangan suami-istri Abeng Sunarya (Abah Sunarya) dan Tjutjun Jubaedah (Abu Tjutjun).

Asep Sunandar lahir di Bandung, Jawa Barat pada 3 September 1955, ia begitu menyatu dengan dunia wayang golek yang ia gelutinya. Takheran jika penghargaan demi penghargaan, baik dari tingkat lokal, provinsi, nasional bahkan mancanegara telah ia dapatkan.

Ia merupakan pria yang mempopulerkan tokoh wayang golek cepot di Indonesia, tanpa adanya seorang Asep Sunandar Sunarya mungkin Cepot tidak akan sepopuler sekarang ini. Dengan kreativitas dan inovasinya ia berhasil meningkatkan lagi derajat wayang golek yang dianggap seni kampungan oleh segelintir orang.

Materi dan ketenaran ia dapatkan dari hasil berjuang tanpa henti, dengan menghadapi berbagai dinamika kehidupan yang sering kali tidak menyenangkan. Suka dan duka telah menemani kehidupan sehari-harinya dalam menggeluti dunia wayang golek di Indonesia.

Asep yang memiliki nama kecil Sukana dalam perilaku kesehariannya sudah menampakan sosok pribadi yang kreatif dan dinamis dalam bergaul bersama teman-temannya. Namun saat dia masuk kedunia sekolah menengah pertama (SMP) kegiatan belajarnya banyak terganggu oleh hobinya mendalami ilmu pedalangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement