Jumat 28 Mar 2014 22:04 WIB

Pemerintah Bantu 300 Tongkat untuk Tunanetra

Seorang pria tunanetra berjalan dituntun anjingnya (ilustrasi).
Foto: www2.wsls.com
Seorang pria tunanetra berjalan dituntun anjingnya (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Kementerian Sosial menyalurkan bantuan berupa 300 tongkat untuk para penyandang cacat di Kota Jayapura, Papua, dan pemerintah setempat telah membangun jalan untuk warga yang berbutuhan khusus tersebut.

Pengurus Perkumpulan Penyandang Cacat Indonesia tingkat Kota Jayapura, Parlindungan Simanjuntak, yang juga penyandang cacat di Jayapura, Jumat, mengatakan, belakangan ini pemerintah dinilai cukup memberikan perhatian bagi para penyandang cacat.

"Tongkat yang diberikan dari pemerintah pusat sebanyak 300 lebih. Organisasi penyandang cacat juga beri bantuan," katanya tanpa merinci jenis bantuan yang diberikan oleh organisasi mereka.

Selain bantuan tongkat, para penyandang cacat juga mendapat perhatian dari pemerintah Kota Jayapura yang telah membangun jalan khusus bagi para penyandang cacat. Meskipun demikian, Parlindungan mengeluhkan perhatian di bidang pendidikan dan kesehatan yang dirasakan masih kurang.

Dia meminta pemerintah meningkatkan perhatian di bidang pendidikan, agar para penyandang cacat juga bisa menikmati bangku sekolah sebagaimana orang normal dengan menyiapkan lebih banyak sekolah khusus atau luar biasa bagi para penyandang cacat. Sedangkan di bidang kesehatan dia meminta pemerintah menyiapkan kartu jaminan kesehatan.

Menurut dia, kebanyakan penyandang cacat belum memiliki kartu Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda), sehingga kesulitan bilamana ada anggota keluarga yang sakit. Para penyandang cacat, katanya, sangat membutuhkan kartu jaminan kesehatan, karena tidak memiliki keleluasaan untuk berusaha mendapatkan duit sebagaimana orang normal.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement