Ahad 16 Mar 2014 23:51 WIB

Tokoh Masyarakat Mukomuko Dukung Caleg Perempuan Berkualitas

Parpol/ilustrasi
Foto: antara
Parpol/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MUKOMUKO -- Tokoh masyarakat Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mendukung calon anggota legislatif perempuan berkualitas di daerah itu menjadi anggota DPRD setempat.

"Saatnya masyarakat memberikan kesempatan kepada caleg perempuan yang berkualitas menjadi anggota DPRD," kata Tokoh Masyarakat Kelurahan Bandarratu, Darwis Rajo Lelo, ditanya terkait caleg perempuan, di Mukomuko, Minggu.

Ia berharap, aturan 30 persen keterwakilan caleg perempuan di partai politik (Parpol) peserta pemilu dapat terealisasi sampai ke DPRD setempat.

Tidak hanya dirinya, kata dia, masyarakat dan perempuan di daerah itu juga harus mendukung dengan memberikan kesempatan kepada caleg perempuan berkualitas berkiprah di DPRD setempat.

Menurut dia, peraturan undang-undang 30 persen keterwakilan perempuan itu merupakan kesempatan bagi caleg perempuan berkualitas untuk duduk menjadi anggota DPRD setempat.

Ia berjarapa, kesempatan ini tidak disia-siakan oleh caleg perempuan termasuk pendukungnya di daerah itu.

"Jangan sekedar 'nyebut-nyebut' gender saja. Sekarang kesempatan untuk mewujudkan kesetaraan itu," ujarnya.

Karena, dijelaskannya, bahwa keterwakilan perempuan saat ini merupakan suatu tuntutan zaman untuk menuju ke arah pembangunan yang lebih baik.

Sebagaimana yang pernah dicetuskan Raden Ajeng Kartini, menurut dia, supaya baik itu pembangunan fisik maupun spiritual dapat berjalan secara seimbang.

Ia menerangkan, suara perempuan itu banyak. Jadi sangat disayangkan di suatu daerah baik kabupaten maupun provinsi target keterwakilan perempuan itu tidak tercapai.

"Tiga puluh persen itu kecil. Seharusnya 50 persen atau menyamai laki-laki. Karena saat ini perempuan yang bergelar doktor hingga profesor," ujarnya lagi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement