Ahad 09 Mar 2014 17:15 WIB

TKW Sukabumi Pulang dari Malaysia dalam Keadaan Meninggal

Rep: Riga Iman/ Red: Mansyur Faqih
TKW meninggal (ilustrasi)
Foto: yustisi.com
TKW meninggal (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Kabupaten Sukabumi dipulangkan ke Tanah Air dalam kondisi meninggal dunia. TKW yang bernama Cucu Hardiyanti Bin Udin Masduk (39 tahun) dilaporkan meninggal di Malaysia karena sakit pada 4 Maret 2014. 

Cucu merupakan warga Kampung Pondok Tisuk RT 02 RW 08, Desa Balekambang, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi. Jenazahnya dibawa pulang dan tiba di rumah keluarga, Jumat (7/3). "Saya mendapat kabar Cucu meninggal dari majikannya yang menelepon," ujar adik kandung Cucu,  Nasishin (34).

Ketika itu, kata dia, si majikan memberikan informasi kalau saudara kandungnya tersebut menderita sakit kanker otak dan meninggal dunia di rumah sakit yang ada di Kuala Lumpur. Padahal pada saat berangkat menjadi TKW ke Malaysia kondisi kesehatan Cucu cukup baik dan tidak menderita kanker. 

Cucu berangkat pada 2011 dengan meninggalkan tiga orang putra, yakni Rusdi (20), Ridwan (16) dan Fitri (7). Menurut Nasishin, keluarga tidak ada yang mengetahui kalau Cucu selama ini menderita kanker. Terlebih, Cucu sudah lama tidak pulang dan belum pernah menceritakan mengenai kondisi kesehatannya itu.

Kepala Desa Balekambang, Asep Saeful Bahri menuturkan, tengah berupaya memperjuangkan hak Cucu, seperti gaji dan asuransi. Namun, ia belum mengetahui apakah Cucu berangkat secara legal atau tidak ke Malaysia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement